Apa yang Dilakukan Rusia Jika Perang Melanda Korea Utara?

AGEN TOGEL TERPERCAYA Moskow – Konflik bersenjata di Semenanjung Korea — yang dipicu oleh situasi terkait rudal dan nuklir Korea Utara — adalah salah satu skenario yang tengah dipertimbangkan pemerintah dan militer Rusia.

“Itu karena, jika sewaktu-waktu terjadi, Moskow tidak akan buta terhadap situasi tersebut,” kata Ketua Dewan Keamanan Rusia (SCRF).

Dewan Keamanan Rusia (SCRF) adalah badan konsultatif yang bekerja untuk dan dikepalai oleh Presiden Rusia Vladimir Putin. Badan itu berisi sejumlah menteri dan ketua lembaga atau agensi Rusia.

Nikolay Patrushev, Ketua SCRF mengatakan bahwa Rusia tengah mempertimbangkan opsi intervensi militer jika suatu saat nanti, tensi diplomatik yang meninggi di Semenanjung Korea berubah menjadi konflik bersenjata.

“Kami tengah melakukan kalkulasi dan persiapan agar situasi tak akan mengejutkan kami,” kata Patrushev kepada media pemerintah Rusia, RIA Novosti, saat ditanya mengenai respons yang mungkin akan dilakukan oleh Moskow jika konflik bersenjata terjadi di Semenanjung.

Kendati demikian, Rusia tetap memprioritaskan langkah diplomatik sebagai solusi utama untuk menyelesaikan krisis di Semenanjung dan menghindari keterlibatan dalam bentuk militer.

“Jika aksi militer dilakukan, akan ada potensi ancaman lain yang menyusul, termasuk kepada kami,” kata Patrushev. Ia menambahkan, “Apalagi, kami berbatasan dengan mereka (Korea Utara)”.

Selama ini, metode negosiasi yang diambil oleh Rusia — dan China — adalah dengan menghindari konfrontasi terhadap Korea Utara dan memberlakukan rencana kebijakan “double freeze”.

Double freeze adalah ketika Rusia tak melakukan aktivitas agresif di Semenanjung — seperti latihan militer — dan mendorong Korea Utara untuk membalas aksi non-agresif itu dengan menghentikan program pengembangaan nuklir serta rudalnya.

Oleh Rusia, metode itu turut diusulkan kepada Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Namun, Washington menolak metode tersebut karena merasa disamakan dengan Korea Utara sebagai aktor yang agresif

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*